Jumat, 17 Februari 2012

cara meredam panas dan suara mesin mobil hijet

mobil hijet adalah mobil berjenis kelamin laki-laki (???) salah-salah -- yang bener termasuk ke dalam mobil berjenis minibus atau minivan, kalau di luar negeri di jepang sana namanya kei car. apapun jenisnya hijet  ya seperti itu.

mesin-mesin minibus yang tidak ada bonetnya pasti mesinnya berada di bawah mesin yang efek sampingnya pasti suara masuk ke ruang kabin, belum lagi karena mesin terletak di bawah kabin efeknya lantai jadi panas yang kemudian ikut juga hawa di dalam kabin juga menjadi panas apalagi jika tidak ada acnya.

UMUR
nah untuk mobil hijet pasti masalah di atas di alami oleh semua pemilik mobil hijet. apalagi umur mobil hijet sudah memasuki umur 30 tahun, ada mobil hijetnya yang lantainya keropos terus bolong, tidak ada karpet dasarnya, karet-karet pintu atau kap mesin yang sudah rusak atau parahnya sudah hilang. pastilah karena hal hal tersebut panas mesin dan suara raungan mesin masuk ke dalam kabin.

BAGAIMANA CARANYA

tentu saja mengatasi masalah yang dapat menimbulkan panas dan suara yang mengganggu tersebut. 
  1.  usahakan tidak pintu-pintu dan kap mesin dalam keadaan rapat yang tentunya harus ada karet-karet yang melingkari media tersebut..
  2. melapisi lantai dengan, bahan penahan panas dan memasang karpet dasar. untuk masalah yang satu ini saya mencoba bereksperimen dengan beberapa bahan. saya melapisi lantai mobil saya dengan 3 macam bahan. lapisan bawah sendiri saya menggunakan Fiberglass dimana penggunaan fiberglass ini di maksudkan agar rambatan panas dan suara dapat di terserap oleh fiberglass kemudian keuntungan lain lantai menjadi datar tidak bergelombang. kemudian lapisan kedua saya memakai bahan peredam panas dan suara murmer alias murah meriah yaitu memakai bahan seperti busa yang kemudian ada lapisan seperti alumuniumfoil.  lapisan kedua ini  selain dapat meredam panas dan suara juga dapat membuat lantai menjadi empuk. lapisan terakir dan yang paling atas saya lapisi dengan karpet dasar dengan tebal sekitar 0,4 cm. karpet ini tahan air, tidak menyerap air dan mudah di bersihkan. 
 
3 lapisan, fiberglass, karpet peredam, karpet dasar



dengan cara tersebut dapat mengurangi panas sampai 60 persen jika di bandingkan hanya memakai karpet dasar saja. hal itu dapat saya ketahui karena hanya sebagian lantai saja yang saya perlakukan seperti itu.

untuk kap mesin mobil hijet. pada bagian bawah juga saya lapisi peredam begitu juga dengan jok depan, dan lempengan plat deket tongkat persneleng di antara du jok saya lapisi atas bawah.

catatan : sebelum melapisi lantai dengan karpet dasar ada baiknya melapisi lantai dengan cat anti karat

Bersambung... (dengan percobaan-percobaan lain)

5 komentar:

  1. Gan bisa dilihat prosesnya? gambar2 peralatannya, dan hasilnya seperti apa? saya boleh minta foto2nya sesudah jadi? itu permanen atau bisa di copot? mohon pencerahannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto prosesnya ndak ada gan, kalau fibernya bisa di copot, cuman saya mal ke lantai saja, kalau mau bikin lebih kedap lagi, dilapisi lembaran aspal kayak automat,,

      Hapus
  2. saya ingin tanya hal lain tentang hijet yang klo dibawa jalan kadang tersendat sendat bahkan klo nanjak bisa mati mesinnya.saya udh coba 3 bgkel hampir tidak ada bedanya.saya coba inisiatif tangki bensin saya bongkar terus saya gunakan jerigen.hasilnya mesin normal bahkan lancar tidak panas juga.tetapi boros bbm.akhirnya stelah 1bln pke jerigen sy pasng lagi tangki bensinny dan hasilnya masih sama sprti dulu.kmbali mesin kadang trsendat spt bensin telat.nah apakah penyebab sperti itu.apakah pompa bensin brpengatuh bgtu.atau ada faktor lain yg menyebab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kuras tangki, trus ganti filter bensin.

      Hapus
  3. Apakah mobil hijet suaranya bisa halus dan tidak berisik?

    BalasHapus