Rabu, 17 Agustus 2011

Sejarah Daihatsu Hijet Di Jepang

Sejarah Daihatsu Hijet Di Jepang
Termasuk jenis Kei Class Minivans and Trucks
Pada bulan April, 1.964 mulai muncul Daihatsu Hi-Jet Cab dengan wheelbase 178 cm, mesin 356 cc di bawah kursi depan dan tersedia sebagai pick up (dek rendah), disertai dengan sebuah truk di bulan Oktober 1965 dan sebuah mobil van di bulan November, 1965. System suspense belakang menggunakan poros kaku dengan pegas daun di belakang. Dalam bentuk van kendaraan ini tampak dengan lampu depan bulat dan garis pinggang tinggi. Ada juga Daihatsu New-Line Cab sebagai penarik atau truk dengan wheelbase diperpanjang dengan 5 cm, dan panjang 321,5 cm dan lebar 134,5 cm; mesinnya 797 cc.
Pada bulan Mei 1968, tiba generasi kedua Daihatsu Hijet (tanpa akhiran Cab, sebagai tipe kap Hi-Jet digantikan oleh Fellow Daihatsu sementara) dengan wheelbase sekarang hanya 168 cm, gaya tubuh yang sama seperti sebelumnya, dengan penambahan pickup tersedia dengan 2 kursi di teras dan kap dengan jendela. Ada juga pickup dengan setumpuk bahkan sedikit lebih tinggi. Anehnya, van sekarang memiliki suspensi belakang independen dengan per pegas, cukup unik untuk jenis kendaraan. Bagian depan dari generasi ini tampak agak bising dengan lampu encadred yang lonjong dan van memiliki tampilan cukup dengan depan yang berat dan overhang roda belakang. Model ekspor disebut Daihatsu 360 Cab.
Pada bulan September, 1971 muncul generasi ketiga Daihatsu Hijet pick-up dan truk dengan dimensi yang sama seperti sebelumnya. Van ditambahkan pada Februari, 1972 dan sekarang sudah pintu geser belakang sisi, yang pertama di industri Kei; poros kaku dengan daun mata air kembali. Kendaraan tampak jauh lebih terang daripada sebelumnya dengan garis bulat, lampu juga bulat lagi. Pada bulan April, 1976 mesin menjadi 547 cc dan panjang kendaraan ini adalah 304 / 309 cm. Dalam ekspor model disebut Daihatsu 360 Cab dan Daihatsu Cab 550, dengan van panel dan sebuah minibus yang tersedia.
Pada bulan April, 1977 tiba generasi ke-4, Daihatsu Hijet 55 yang disebut WIDE dengan dimensi diperbesar (panjang 319,5 cm, lebar 139,5 cm, jarak sumbu roda 178 cm, mesin 547 cc), pickup (styling tubuh terpisahkan) telah dihapus. Tubuh tampak lebih solid sekarang. Dalam ekspor kendaraan disebut Daihatsu Cab wide 55. Model generasi sebelumnya tetap tersedia.

April 1981 generasi Daihatsu Hijet 5 yang akhirnya menerima penampilan matang. Wheelbase sekarang 182 cm, gaya tubuh awalnya sama seperti sebelumnya dengan atap tinggi versi van (juga tersedia sebagai van panel) ditambahkan, dan pada tahun 1983 yang menarik diperpanjang (30 cm) taksi (tinggi atap) truk, yang disebut jumbo, yang pertama dan hanya dalam industri kendaraan Kei; kendaraan ini terlihat sangat seimbang dengan setumpuk cm 164 (kira-kira setengah dari panjang kendaraan). Pada bulan September 1981 Daihatsu Hijet tiba Atrai van
Pada tahun 1982 tiba versi empat-wheel-drive (wheelbase 181,5 cm), tinggi profil ban versi disebut Pendaki (versi tersebut dengan 2WD dan non-slip diff diadaptasi nama ini nanti).
Kemudian pada tahun 1983 disebut Daihatsu Atrai, ditujukan untuk pembeli yang menginginkan kendaraan penumpang, bukan kendaraan komersial, sebuah mesin turbo menjadi juga tersedia untuk kendaraan ini. Dalam ekspor (sekarang juga tersedia di Eropa) kendaraan disebut Daihatsu 55 Daihatsu Cab Wide dan 850 Cab (3-silinder 843 cc);
Pada 1984 tiba Cab Daihatsu 1000 dengan mesin 3 silinder 993 cc, yang, lebih unik, juga tersedia sebagai diesel, van panel dan minibus tersedia seperti biasa. 




Pada Mei 1986 muncul generasi Daihatsu Hijet 6 dan Atrai dengan jendela samping bawah 3 diperpanjang. Wheelbase sekarang 181 cm. Mesin dan gaya tubuh tetap sama dengan supercharger yang tersedia dalam truk, dan edisi sebuah pintu 4-(sliding door) double cab (tinggi atap) pickup, yang disebut Deck Van (dek 89 cm, 127 cm lebar); kendaraan ini juga tersedia sebagai Deck Atrai. Taksi Jumbo sekarang diperpanjang dengan 28 cm, sehingga panjang dek 166 cm, tumbuh 170 cm
Pada tahun 1990 dengan peraturan baru kendaraan. Pada saat ini mesin menjadi 659 cc dan panjang 329,5 cm. Dalam ekspor, kendaraan sekarang disebut Hijet juga (993 cc).
Dari tahun 1992 kendaraan juga dibangun di Italia (juga dengan mesin diesel 1,2), serta Innocenti Porter, dan Piaggio Porter dengan 1269 cc mesin 4-valve dan 1371 cc diesel. Pada tahun 1992 tiba di Korea Towner Asia (van, truk dan minibus, 659 cc), kemudian disebut Kia Towner.
Pada Januari 1994, tiba generasi ke-7 Daihatsu Hijet dengan wheelbase 190 cm. Geladak Van Deck 92,5 cm dan 128,5 cm lebar. Para Atrai Daihatsu, sekarang disertai oleh Legrand Atrai terdapat poros belakang hidup dengan per pegas.
Pada bulan Oktober 1997 tiba Classic Atrai dengan depan retro. Pada saat yang sama datang mencari sporty (integral) pikap dengan atap tinggi, disebut Hijet ini. Ada juga tinggi atap kabin truk tunggal yang tersedia. Di Eropa, generasi ini tidak dijual. Taksi Jumbo diperpanjang 28,5 cm dan panjang dek 199 cm, yang 5 cm lebih panjang daripada truk taksi biasa, sebagai perpanjangan taksi dipasang setelah taksi kembali telah dihapus, sementara dek diperpanjang ke depan baik ke taksi di bawahnya. Karena kenyataan bahwa baik depan dan belakang taksi ekstensi yang terpasang bukan integral, terlihat seimbang dari generasi sebelumnya couldnot Jumbo dipertahankan meskipun taksi dan truk panjang bagian hampir sama. 
Pada tahun 1999, di Jepang kabin truk itu melebar ke 147,5 cm dengan lipatan panel pintu baru dan diberi ekstensi depan kecil (peraturan keamanan baru), panjang total sekarang 339,5 cm.
Pada Januari 1999 muncul generasi Daihatsu Hijet Cargo 8 dan Daihatsu Atrai dan Atrai Kustom, dengan eksterior diperdebatkan meskipun dirancang oleh Giorgetto Giugiaro, van hanya, tinggi atap yang tersedia. Desain sekarang semi depan karena peraturan keselamatan yang baru, wheelbase adalah panjang 242 cm, panjang 339,5 cm. Mesin masih di bawah kursi depan. Poros belakang kaku dengan pegas daun untuk Hijet Cargo, hidup gandar belakang dengan per pegas untuk Atrai.
Pada Juni 1999, tiba versi yang disebut kereta dari Atrai, dianggap sebagai mobil penumpang daripada kendaraan komersial. Juga pada Juni 1999 muncul generasi ke-3 4-pintu taksi ganda Van Deck (dek sekarang hanya 67 cm, 129,5 cm lebar).
Pada bulan Mei, 2000 tiba 7-penumpang Daihatsu Atrai 7 (tinggi atap van hanya) dengan wheelbase diperpanjang untuk 243 cm, panjang 376,5 cm untuk (terutama oleh ujung belakang yang lebih panjang), dan lebar 151,5 cm untuk (roda diperpanjang lengkungan), mesin 4 silinder 1.297 cc DOHC 4-katup; kendaraan ini juga tersedia sebagai Sparky Toyota pada September, 2000. 

Sumber : http://mjs.home.xs4all.nl/cabover.html (dengan penyesuaian)


1 komentar: