Senin, 05 November 2012

ngeroll per daun belakang hijet

ngerol per  belakang hijet


hal yang paling utama mempengaruhi kenyamanan mobil adalah pada bagian kaki-kaki. kinerja kaki-kaki mobil meliputi roda yaitu velg dan ban. roda bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dengan berbagai kondisinya. entah berbatu,berlumpur, berpasir sampai jalan mulus seperti di sirkuit F1. untuk meredam berbagai kondisi jalan dan tekanan kecepatan mobil maka di perlukan ayunan suspensi yang baik. yang kita bahas kali ini adalah seputaran perangakat peredam goncangan pada bagian belakang mobil hijet.

per daun belakang hijet
suspensi belakang daihatsu hijet memakai sistem yang di sebut per daun yaitu selempengan besi yang di tata. agar tidak mengayun berulang kali maka ada suspensi untuk medampinginya. bertambahnya umur mobil ini maka kemampuan dari per daun di pastikan menurun kinerjanya. apalagi jika mobil itu sering untuk mengangkut barang-barang berat dan menempuh medan yang terjal.

hijet wagon ngangku kayu


hijet pick up perkasa
tega! hijet wagon buat ngangkut batu split

untuk itu kita perlu merefresh atau mungkin juga mengupgrade. untuk suspensi belakang dapat memakai shockbreaker dauble action yang di yakini dapat  menstabilkan ayunan. dan untuk per daunnya bisa saja kita mengganti unit baru atau pakai subtitusi dengan per daun mobil lain yang cocok. 
tetapi ada cara yang lebih sederhana dan tentu saja lebih murah untuk mengatasi per daun belakang yang sudah mulai datar. ya di rol.

copot per daun mobil

setelah per daun di roll 
ngerol per daun belakang hijet di sarankan di lakukan oleh yang benar-benar menguasai yaitu bengkel per berpengalaman. kita bisa menilainya kalau bengkelnya ramai. dan yang terbukti kualitasnya kalau bengkel itu sering menjadi rujukan mobil-mobil pick up atau truck-truck. alasanya karena jenis kendaraan itu yang sering menggunakan jasa ngerol per tersebut dan tentunya mereka menginginkan kualitas yang baik.

ngerol per daun ini di lakukan supaya per daun menjadi melengkung lagi sehingga travel ayunan jadi lebih baik. ketika di roll ini karet-karet per daun juga akan di periksa kelayakanya. karena biasanya yang juga mempengaruhi kestabilan adalah bagian karet bosh per daun. biasanya karet ini sudah oblak/terkoyak.

bosh rubber karet per daun oblak
hasilnya setelah di roll ayunan pada bagian belakang mobil lebih empuk. tidak mental sperti sebelum di rol. dan lebih stabil karena karet bosh per daun sudah di ganti sehingga per daun lebih kencang tidak bergoyang-goyang.
biaya yang harus di keluarkan untuk service ngeroll per belakang juga tidak mahal. untuk ngerol per daun roda belakang kanan kiri biayanya 50 rb. dan bosh rubber karet per daun @25 rb.

9 komentar:

  1. Mas Mau Nanya Kalo mobil saya hijet 1984 kelihatan dari belakang kok nungging apa yang perlu dibenerin ?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari samping juga nungging? kaki2 bagian depan normal kan gan? kalau rusak depan berarti yang di benerin depan, bisa lengan ayun atau sayap. suspensi depan. kalau memang tidak ada masalah di bagian depan ya per daun belakang di roll ulang. dibauat lebih datar

      Hapus
  2. Body belakang gemlodak waktu lewati polisi tidur apanya ya bos ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek bagian shockbreaker nya. Cek juga bagian bushing Per nya.

      Hapus
  3. Body belakang gemlodak waktu lewati polisi tidur apanya ya bos ?

    Mung kin itu karet bushingnya sudah keras atau rusak. Jadi harus diganti.
    Maaf kalau pendapat saya kurang pas.
    🙏🙏

    BalasHapus
  4. Buat para juragan hijeter,, salam kenal dari saya🙏

    BalasHapus
  5. Maaf gan mau nanya, kalu mobil hijet enak yang nungging apa yang datar? Referensi buat mobil saya.
    Terus mobil saya kkalau d dalam terasa datar tapi di lihat di luar mobil kaya nanjak?
    Dan kalu lagi jalan terdengar suara ban pletak-pletek kya ban sobek padahal ban baru semua?
    Mohon infonya ya...

    BalasHapus
  6. Mau tanya gan ..
    Pir daun kug condong kekanan ya .. Alhasil cumn kasih sepinser sebelah doang .. Biar ban gak kelhatan keluar kekanan tapi seimbng .. Solusinya gmn ya.. Nuwun

    BalasHapus
  7. Salam 3 pinton.
    Para suhu hijet, ijin saya bertanya.
    Lebih baik/lebih empuk mana per daun hijet baru dibanding per yg diupgrade/ diroll ulang ?
    Matur nuwun...

    BalasHapus