Daihatsu Mencapai 1 Juta Unit
Pada
tanggal 7 Juli tahun 2005 Daihatsu telah mencapai jumlah produksi dan
sales sebesar 1 juta unit. Dalam industri otomotif di Indonesia, hanya
beberapa ATPM saja yang bisa mencapainya. Ini adalah suatu prestasi
besar bagi sebuah industri otomotif di Indonesia, khususnya bagi
Daihatsu. Pencapaian 1 juta unit ini merupakan bukti kepercayaan dari
masyarakat bahwa eksistensi Daihatsu merupakan hasil investasi yang
terencana dan berkesinambungan.
Dalam memasuki usianya ke-28 tahun,
dengan slogan “We Make It Compcat” Daihatsu tetap konsisten memproduksi
mobil-mobil compact. Kendaraan Daihatsu pertama yang ada di Indonesia
diawali dengan Daihatsu Midget atau yang lebih dikenal dengan sebutan
Bemo. Keberadaan bemo hingga hari ini masih dapat dijumpai di daerah
pinggiran Jakarta. Produk yang legendaris adalah Daihatsu Hijet 1000
yang kemudian berganti nama menjadi Daihatsu Zebra. Sampai saat ini
Zebra masih terus diproduksi, bahkan tahun 2004 lalu sudah mencapai
angka 500.000 unit.
Selain Zebra, sejak tahun 1980-an
Daihatsu juga mengeluarkan kendaraan jip yang dikenal dengan Daihatsu
Taft. Gerenasi kedua jip Daihatsu, yaitu Taft Hiline dan GT hingga kini
platformnya masih diproduksi. Setelah krisis, Daihatsu kembali
meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan menghadirkan Daihatsu Taruna.
Kehadiran Taruna menciptakan pasar baru di Indonesia. Pada Maret 2005
Taruna baru diluncurkan dengan nama Taruna Oxxy.
Tahun 2004 Daihatsu mengeluarkan produk
yang fenomenal yaitu Xenia. Melalui pabriknya di Sunter, Daihatsu
memproduksi Xenia dan Avanza. Produk ini diterima sangat baik oleh pasar
dalam negeri.
Dengan mempekerjakan sekitar 4600
karyawan dan didukung dengan 4 (empat) buah pabrik (Stamping, Casting,
Engine dan Assembling), saat ini Daihatsu mempunyai kapasitas produksi
sebesar 110.000 unit di tahun 2005 dan akan menjadi 140.000 unit di
tahun 2006. Dalam perannya sebagai anggota masyarakat, Daihatsu juga
melakukan kontribusi bagi perbaikan kualitas masyarakat sekitar dengan
memberikan pengetahuan berupa training bagi para guru, siswa dan anggota
masyarakat lainnya serta memberikan bantuan mesin bagi sekolah-sekolah.
Dengan 133 buah jaringan penjualan dan
purna jual yang tersebar di seluruh Indonesia, Daihatsu semakin
memantapkan diri sebagai produsen mobil yang terus melakukan
pengembangan industri otomotif.
(yah begitulah hijet adalah produk legendaris dari daihatsu)
artikel di ambil dari http://www.daihatsu.co.id/home/search.php?id=465&cari=hijet&cur= pada tanggal 21 sept 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar