Jumat, 30 September 2011

Seputar masalah rem mobil hijet

 

Seputar masalah rem mobil hijet

Piranti yang satu ini perannya sangat penting untuk menjaga keselamatan diri kita dan orang lain, yaitu untuk mengendalikan laju kendaran kita. Banyak kejadian kejadian kecelaka an terjadi karena ada masalah di seputaran piranti ini, ya sesuai judul di atas kita akan membahas mengenai rem mobil khususnya untuk mobil hijet.
Rem pada mobil hijet  menggunakan system tromol di semua rodanya, walaupun tromol jangan di sepelekan piranti ini, mobil bus truck yang segede itu juga tetap menggunakan tromol. Fungsi rem ini akan bekerja optimal jika dirawat dengan baik.
  •            Perawatan yang paling mudah adalah selalu mengecek kondisi ketinggian minyak rem mobil, untuk mobil hijet letaknya berada di dasbor sebelah kanan , letaknya di depan pengemudi sangat mudah untuk memeriksanya. Caranya : buka tutup di dasbor dan kemudian buka tutup tabung wadah minyak rem kemudian akan keliahatan seberapa tinggi (kapasitas) minyak yang ada di situ. Pastikan tidak berada di level low dan jika ingin menambahkan harus tidak melebihi batas yang di anjurkan (batas-batas nya sudah ada). Minyak rem yang di gunakan harus minyak rem yang di rekomendasikan oleh pabrik atau sesuai dengan standarnya.
  •        Segera mengecek masalah masalah yang timbul dari seputaran rem, seperti timbul suara-suara atau kinerja rem tersebut dan jarak pedal rem.
  •                Selalu ganti part-part rem dengan kualitas yang baik

Rujukan permasalah rem dan perbaikannya

  •           Jika minyak rem selalu habis biasanya terjadi kebocoran di seal rem baik di keni, cylinder central rem  (tempatnya deket brake booster , pipa bercabang), maupun di brake booster (bentuknya bullet besar), tidak ada cara lain selain menggantinya. ingat saat mengganti seal serial number di seal harus sama, jika tidak tersedia harus mengganti satu set. 
  •         Rem terasa berat biasanya terjadi karena masalah dari brake booster yang tidak bekerja secara optimal, bisa dari sealnya atau selang yang bocor. System kerja alat ini memakai tekanan angain dari mesin.
             Saat di rem narik sebelah, masalah ini penyebabnya sangat banyak, mulai dari cylinder central rem mampet sebelah kotor karena karat, selang mampet karena usia (selang mampet dapat di siasati dengan membawanya ke tukang tambal ban, loh kok?? iya minta niupin pake kompresor agar kotoran keluar, tapi kalau tidak bisa musti beli baru), keni bocor (bisa di ganti seal nya saja,sebelum nya keni bagian dalam juga harus di amplas pake amplas halus biar rata dan hilangin karat), pad kampas rem ngelupas/copot (jarang terjadi tapi pernah saya alami setelah di cek ternyata kampas rem abal abal). Makanya harus di cek satu satu. Untuk cylinder central rem adalah opsi terakir pengecekan. jika masalah ini terjadi setelah semua di cek dalam kondisi baik.
                  Jarak main pedal rem dalam, hal ini bisa di sebabkan oleh minyak rem yang sudah hampir habis berarti harus segera di tambahin, kampas rem yang sudah tipis berarti harus segera di ganti, atau jalur rem kemasukan angin di buang angin dengan cara di setel di keni (harus dilakukan 2 orang)
                    rem tiba-tiba macet atau ngunci, untuk mengatasinya dengan mengendorkan nepel keni dengan begitu oli rem keluar. yang perlu di perhatikan jangan terlalu banyak membuka nepel tersebut, karena pedal rem akan menjadi dalam. cukup putar sedikit saja.

         PERHATIAN : membongkar rem mobil di perlukan kehati-hatian, ketelitian dan kesabaran. jika ragu di sarankan tidak membongkar sendiri dan sebaiknya selalu diserahkan ke ahlinya.



              _____ ingat sebaik apapun rem jika mengemudi dalam kecepatan tinggi rem tidak ada gunanya! selalu patuhi batas kecepatan jaga emosi berkendara dan sikap saling menghormati pengendara lain, pesepeda, dan pejalan kaki.. terimakasih______

3 komentar:

  1. Kalo ada oli rembes d bawah central sambungan dengan boster itu knp ya..padahal central udah ganti satu set luar dalam

    BalasHapus
  2. Kalo ada oli rembes d bawah central sambungan dengan boster itu knp ya..padahal central udah ganti satu set luar dalam

    BalasHapus
  3. Kalau pagi² sebelum dipake jalan, rem diingat dikit, langsung pakem.
    Tapi kslsu sudah jalan sekitar 100 mtr aja, sudah empuk dan nyaman rem nya.
    Itu kenapa ya...?

    BalasHapus