Jumat, 06 April 2012

Dokumen Impor Mobil Hijet 1000 dari Jepang Sampai Masuk Karoseri

Dokumen Impor Mobil Hijet 1000 dari Jepang Sampai Masuk Karoseri

mungkin sebagian penggemar mobil hijet belum tau kalau hijet yang mereka gunakan adalah seutuhnya impor dari jepang dalam bentuk CKD- complet knock down- yaitu semua bagian-bagian dari mobil berasal dari luar negeri dan kemudian sampai di negara tujuan baru di rangkai menjadi sebuah mobil.

aslinya semua hijet yang beredar di indonesia adalah hijet model pick up dengan kode model / type  S 70R-PR dengan warna cat dasar. spesifikasinya Daihatsu 1000 Cub, Standard Pick-Up, CB Engine : 3 Cylinder in line, 4 Cycles, 993 cc, 47 Ps/5600 rpm (JIS).

dokumen impor mobil hijet


kemudian kenapa hijet satu dengan yang lainnya tidak sama dan karoseri hijet bermacam-macam? pertanyaan ini mungkin pernah terpikir oleh penggemar hijet. jawabannya seperti apa yang telah di jabarkan di atas, karena hijet yang ada di Indonesia aslinya memang pick up semua.

jaman dahulu ketika mereka ingin membeli hijet station wagon baru di dealer, maka akan ada kesepakatan antara pembeli dan dealer untuk merubah pick up menjadi station wagon. pihak dealer akan melimpahkan ke pihak karoseri yang menjadi rekanan di daerah itu. ketika merubah bentuk tersebut biasanya pemilik juga dapat memilih warna yang di inginkinnya pada mobil baru tersebut.

surat keterangan perubahan bentuk dari karoseri

dokumen rubah bentuk


sampai sekarang pemegang merek daihatsu di indonesia adalah PT Astra. dahulu juga sama yang mengimpor daihatsu hijet 1000 ke indonesia adalah PT Astra International, Inc. dalam sekali pengiriman bisa mencapai ratusan unit. dari dokumen yanbg saya terima tercatat sebanyak 360 unit. PT Astra International, Inc kemudian bekerja sama denngan PT Gaya Motor untuk menjadikan atau merangkai mobil hijet 1000  menjadi mobil siap pakai.

 





dokumen pengerjaan menjadi unit kendaraan


dokumen pemberitahuan pemasukan barang

kita kembali ke awal, sebelum tiba di Indonesia, daihatsu hijet berangkat dari pelabuhan Kobe, Japan di sana pada awalnya harga untuk sebuah mobil hijet 192,600 Yen. dan di Indonesia menjadi sekitar 4 jutaan pada waktu itu.


itu beberapa informasi yang saya dapatkan dari dokumen-dokumen tersebut, semoga dapat menambah informasi untuk para penggemar daihatsu hijet.

catatan : jika ada yang salah silahkan di koreksi dan di benarkan. mohon maaf jika ada yang salah atau ada pihak yang tidak berkenan di sebutkan dalam penulisan ini. terimakasih

11 komentar:

  1. Fakturnya lengkap banget gan, Hijet saya fakturnya sudah tidak ada. Kalau harga sih sama sekitar 3,5 juta pada kuitansinya. Pokoknya mantap tuh Hijet 1000, makanya saya nggak jual karena sudah saya modif total. Dasbor aja sampe tak buatkan, maklum punya bengkel kecil-kecilan. Bagi yang mau modif, silahkan mampir ke bengkel saya. BENGKEL RESTORASI MOBIL KLASIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya waktu itu pas bersih2 lemari nemu itu om, sayang nya buku pedoman pemilik saya tidak punya, punya fotocopy an dari temen yang baik hati mau memfotocopykan.

      ohh jadi sampeyan yang punya bengkel om?? salam kenal ya om dari saya..

      Hapus
    2. mantebsss, jadi tau history hijet, om Derysk kalo boleh minta tolong dicopykan buku pedomannya donk, by ganti copy sm ongkir dismsin ya ke no 0816676972, terimakasih

      Hapus
    3. kalau buku pedoman hijet saya dapat dari agan twins from kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4000640&page=41

      daihatsu hijet 1000 modif

      coba hubungin saja agan twins, kamu posisi dimana?

      Hapus
    4. Mas damar, mau tanya dong, kalo pintu depan sering kemasukan air hujan ke kabin knp ya? apa karetnya atau memang struktur pintunya udah turun?

      Hapus
    5. saya bantu jawab ya.., kedua masalah tersebut bisa saja menjadi pemicunya, jadi kalau memang pintunya yang sudah turun baiknya di stel dahulu.. yang kedua kalau karetnya sudah jelek (getas,retak,bocor,sobek) baiknya langsung diganti. fungsi karet itu sendiri selain itu menghalangi air yang masuk juga membantu mengurangi suara yang masuk ke kabin..

      Hapus
    6. @Yadi Betul seperti yang dikatakan mas Dersyk, saya tambahkan sedikit talang air juga perlu dikontrol apa sudah tertutup dempul apa belum karena kalau sudah tertutup dempul air juga bisa merembes lewat talang.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Misi gan numpang lapak,mau jual brosur iklan mobil hi jet 1000 bwt tambah koleksi,asli bukan potongan iklan majalah..b'minat hub.081294741294

      Hapus