Minggu, 16 November 2014

Laporan test : Daihatsu Hijet 1000 ‘84 (Part 2)




keunggulan hijet 1000

Mesin & Transmisi

Kemampuan mesin Daihatsu sudah terkenal sejak kendaraan roda tiga yang disebut Bemo mulai beroperasi sekitar tahun 1965. Kali ini Daihatsu memilih mesin Charade 3-silinder sebagai penggerak HIJET 1000. Degan memodifikasi sistem drive train mesin yang tadinya menggerakan roda depan pada Charade sekarang menggerakkan roda belakang. Penempatan mesin yang agak di tengah cukup menguntungkan selain pembagian beban menjadi lebih seimbang, servis rutin dapat dilakukan dengan mudah.

Mesin 47 bhp bekerja dengan supel pada hampir semua tingkatan putaran. Gejala ngelitik tidak pernah terjadi selama test berlangsung. Satu-satunya hambatan dalam test hanya mesin tersendat pada saat digenjot mendadak. Ternyata ini disebabkan pipa saluran udara dari saringan ke karburator menyempit pada saat terjadi sedotan dari mesin. Setelah menukar pipa saluran udara ini dengan yang lebih baik, gejala tersendat tidak terjadi lagi.

Dengan bantuan choke penyalaan mesin pada pagi hari berjalan dengan mudah.  Cukup sekali putar kunci kontak dan mesin segera hidup. Tanpa menggunakan choke mesin akan hidup setelah dua atau tiga kali memutar kunci kontak. Stelah mesin panas, tidak ada masalh dalam penyalaan kembali.
Pada Charade, mesin yang sama ditempatkan melintang, tetapi pada HIJET 1000 mesin ini dipasang memanjang. Output mesin diteruskan ke transmisi full-synchromesh 4-gigi percepatan maju dan 1-gigi mundur yang menggunakan sistim selective sliding gear. Perpindahan gigi transmisi umumnya berjalan lancar tanpa tersendat atau seret. Untuk ini digunakan kopling kering plat tunggal dengan pegas diafragma yang bekerja secara mekanis. Sayan M&M tidak menggunakan alat test untuk mengukur kekerasan injak pedal kopling. Sekalipun begitu, tekanan pedal terasa sangat ringan dan tidak melelahkan untuk perjalanan dalam kota yang sering perlu ganti persneling dan tekan kopling.

2 komentar:

  1. One other great option available these days are Electric Mini Trucks. Electric Mini Trucks will reduce the consumption of Gas hence save the money. And the increased demands of these trucks will result in the increment of Mini Truck Parts demand. But these days it is easy to avail these parts online with trusted dealers. Then More Information Click Here

    BalasHapus
  2. setelah gigi 3 pindah ke gigi 2 kok agak seret kenapa ya bang..???

    BalasHapus