Mesin & Transmisi
Kemampuan mesin Daihatsu sudah terkenal sejak kendaraan roda
tiga yang disebut Bemo mulai beroperasi sekitar tahun 1965. Kali ini Daihatsu
memilih mesin Charade 3-silinder sebagai penggerak HIJET 1000. Degan
memodifikasi sistem drive train mesin yang tadinya menggerakan roda
depan pada Charade sekarang menggerakkan roda belakang. Penempatan mesin yang
agak di tengah cukup menguntungkan selain pembagian beban menjadi lebih
seimbang, servis rutin dapat dilakukan dengan mudah.
Mesin 47 bhp bekerja dengan supel pada hampir semua
tingkatan putaran. Gejala ngelitik tidak pernah terjadi selama test
berlangsung. Satu-satunya hambatan dalam test hanya mesin tersendat pada
saat digenjot mendadak. Ternyata ini disebabkan pipa saluran udara dari
saringan ke karburator menyempit pada saat terjadi sedotan dari mesin. Setelah
menukar pipa saluran udara ini dengan yang lebih baik, gejala tersendat tidak
terjadi lagi.
Dengan bantuan choke penyalaan mesin pada pagi
hari berjalan dengan mudah. Cukup
sekali putar kunci kontak dan mesin segera hidup. Tanpa menggunakan choke mesin
akan hidup setelah dua atau tiga kali memutar kunci kontak. Stelah mesin panas,
tidak ada masalh dalam penyalaan kembali.
Pada Charade, mesin yang sama ditempatkan melintang,
tetapi pada HIJET 1000 mesin ini dipasang memanjang. Output mesin diteruskan
ke transmisi full-synchromesh 4-gigi percepatan maju dan 1-gigi mundur
yang menggunakan sistim selective sliding gear. Perpindahan gigi
transmisi umumnya berjalan lancar tanpa tersendat atau seret. Untuk ini
digunakan kopling kering plat tunggal dengan pegas diafragma yang bekerja
secara mekanis. Sayan M&M tidak menggunakan alat test untuk mengukur
kekerasan injak pedal kopling. Sekalipun begitu, tekanan pedal terasa sangat
ringan dan tidak melelahkan untuk perjalanan dalam kota yang sering perlu ganti
persneling dan tekan kopling.
One other great option available these days are Electric Mini Trucks. Electric Mini Trucks will reduce the consumption of Gas hence save the money. And the increased demands of these trucks will result in the increment of Mini Truck Parts demand. But these days it is easy to avail these parts online with trusted dealers. Then More Information Click Here
BalasHapussetelah gigi 3 pindah ke gigi 2 kok agak seret kenapa ya bang..???
BalasHapus