Minggu, 16 November 2014

Laporan test : Daihatsu Hijet 1000 ‘84 (Part 1)


terkadang saat kita menonton TV, membaca majalah, koran terselip berita review atau laporan test kendaraan. Setiap kali ada kendaraan model baru juru warta pasti tidak sabar untuk mengujinya. mereka ingin menginformasikan kelebihan dan kekurangan produk itu.

nah kira-kira kalau hijet di review seperti apa yah?. beruntung salah satu sahabat DHI, Medianto Kariadi, memberi harta karun ini. DHI menulis kembali apa yang telah dilaporkan majalah M&M edisi Juni II/1984

cover majalah M&M spesial laporan test daihatsu hijet 1000

melihat covernya saja kita sudah kagum yaitu foto full daihatsu hijet pick up. kebayangkan kalau dahulu mobil ini memang mobil yang ditunggu-tunggu dan menjadi idola. buktinya ada di majalah itu. mari kita simak laporannya,

Laporan test :
Daihatsu Hijet 1000 ‘84


Ruang kabin cukup lapang dengan dashboard gaya sedan yang fungsional, bak belakang berdaya angkut satu ton dan mesin 993 cc tiga silinder 47 bhp pada 5600 rpm menempatkan Daihatsu Hijet pada posisi sebagai pesaing kuat dalam kealsnya. Apalagi hijet 1000 termasuk jenis pick up yang serbaguna dan dapat dirubah menjadi berbagai bentuk lain sesuai keperluan. Seperti minibus dan box. Bahkan dengan kemampuan mesin yang dapat diandalkan. Hijet 1000 termasuk mobil slalom tangguh. Dalam “Ndredeg Slalom Test Surabaya” Daihatsu Hijet 1000 merebut tiga posisi I, II, III untuk kelas pick up.

Perlengkapan
Dari segi perlengkapan, Daihatsu Hijet 1000 termasuk kendaraan pick up yang memiliki perlengkapan memadai. Simplifikasi pada tombol sakelar dengan menggunakan sakela kombinasi untuk lampu sein, lampu dim, dan passing lamp untuk melampaui kendaraan di depan mempermudah pengemudi. Tuas sakelar untuk menyapu kaca depan dan washer  di sebelah kiri lingkar kemudi pun mudah dijangkau.

Dashboard tipe sedan dengan tray yang luas termasuk kelebihan Daihatsu Hijet 1000 dibanding beberapa pick ip sekelas lain. Sedangkan Indikator pada panel instrumen dengan tata letak yang apik mudah dikontrol oleh pengemudi setiap saat. Antara lain memonitor temperatur mesin, sisa bahan bakar dan pengisian baterai oleh altenator.

Selama test berlangsung, semua indikator ini bekerja dengan baik. Kondisi mesin tidak pernah melampaui batas suhu aman. Sekalipun digenjot di Sirkuit Ancol terus menerus pada kecepatan tinggi. Jarum temperatur tidak pernah mencapai batas kritis.

Bentuk lingkar kemudi cukup unik. Bukan hanya sekedar mengikuti selera konsumen yang menuntut desain manis, tetapi juga fungsional. Luas pandang ke panel instrumen tidak terhalang. Begitu juga pandangan ke tuas sakelar kombinasi.

Tepat di tengah dashboard di sisi kiri kanan  disediakan saluran sirkulasi udara. Kipas angin atau blower sebagai perlengkapan optional berfungsi  juga sebagai defoger (pembersih kabut). Bekerja sama dengan bilah wiper yang membersihkan  kaca depan, perjalanan dalam berbagai kondisi cuaca cukup aman.

Dengan berbagi perlengkapan standar ini, Daihatsu Hijet 1000 sudah memadai sebagai kendaraan sebaguna. Instrumen yang disediakan dan peralatan lain seperti tongkat persneling dan rem tangan pada posisi memudahkan pengemudi, cukup ringan dikendalikan oleh pengemudi wanita.
Sabuk pengaman sebagai optional dapat dipasang dengan mudah karena tempatnya sudah disediakan. 
review kelebihan hijet 1000

2 komentar: