Minggu, 16 November 2014

Laporan test : Daihatsu Hijet 1000 ‘84 (Part 4)


kecepatan maksimum Hijet


Untuk membuktikan bahwa tidak terjadi  speedometer error, sebuah Corolla DX berjalan di sisi HIJET pada kecepatan tersebut spedometer Corolla menunjukkan angka mendekati 130 km/jam. Di sini tentu saja perlu diperhitungkan faktor luar, seperti angin. Yang pasti Daihatsu HIJET 1000 yang disest M&M memang dalam kondisi prima.

Test kecepatan maksimum masing-masing gigi transmisi menghasilkan data sebagai berikut :
Gigi
Kecepatan
I
45 km/jam
II
70 km/jam
III
110 km/jam
IV
120-130 km/jam

Sedangkan dalam test akselerasi, Daihatsu Hijet 1000 cukup gesit. Dengan modifikasi sedikit saja pada suspensi dan ban memungkinkan pick up ini berubah “galak” di sirkuit slalom test. Data akselerasi adalah :


Kecepatan
Waktu
0 – 40 km/jam
3,5 detik
0 – 60 km/jam
7 detik
0 – 80 km/jam
11 detik
0 – 100 km/jam
18 detik
40 – 60 km/jam
3 detik
40 – 80 km/jam
8 detik



Bahan bakar
Untuk test pemakaian bahan bakar, dipilih jalur bebas hambatan Jagorawi, pada kecepatan konstan 50 km/jam M&M memperoleh tiga angka berbeda untuk tiga kali pengetesan, yaitu berkisar 18,2 – 20 km/liter. Berdasarkan data ini untuk kecepatan konstan 50 km/jam, HIJET 1000 mampu mencapai 19 km/liter. Sedangkan pada kecepatan 70 km/jam konsumsi bahan bakar menjadi 15,5 km/liter.  Untuk rute dalam kota dengan kecepatan bervariasi diseling kemacetan dan berhenti di persimpangan karena lampu lalu lintas, HIJET 1000 masih mampu mencapai 14 km/liter.

Berdasarkan hasil test  ini ditambah info dari lapangan mengenai prestasi HIJET dalam slalom test, tidak dirgukan lagi bahwa Daihatsu HIJET 1000 ’84 bukan sekedar alat transportasi yang praktis serbaguna, tetapi juga mempunyai kemampuan untuk bersaing di trek slalom atau balap.

_________________________________________________________________________________

walaupun hijet sudah berusia 30 tahun ketangguhan hijet masih bisa diandalkan. bahkan masih ada yang menggunakannya sebagai kendaaraan slalom. maka rawatlah sebaik mungkin hijet kalian. part yang tidak layak segera diganti. service rutin untuk mengecek mesin, rem, kaki-kaki agar semua optimal

3 komentar: