Minggu, 16 November 2014

Laporan test : Daihatsu Hijet 1000 ‘84 (part 3)

review daihatsu hijet
Pengendalian

Dengan tat letak instrumen yang apik, mudah dikontrol dan radius putaran hanya 4 meter, Daihatsu HIJET 1000 sangat mudah dikendalikan.
Bantingan permukaan jalan sebagian besar diredam dengan baik oleh sistem suspensi depan yang menggunakan McPherson strut dan suspensi belakang kombinasi pegas daun dengan sokbreker teleskop.

Kemudahaan lain yang ada pada mobil ini, sistim rem tromol depan/belakang dilengkapi booster sehingga tekanan pedal rem terasa ringan. Dan lebih penting lagi, stabilitas dan keamanan pada kecepatan tinggi menjadi lebih terjamin karena Daihatsu Hijet memiliki jarak sumbu roda yang lebar, yaitu 1,825 m. Demikian juga lebar trek depan atau roda kiri-kanan 1,230 memperkecil jala limbung diatas permukaan buruk.

Daya mendaki
Mengingat Daihatsu HIJET yang ditest ini masih dalam kondisi baru sama sekali, M&M melakukan test mendaki htanpa beban. Meskipun tanpa beban, bobot kendaraan sendiri sudah melebihi bobot total daihatsu Charade, namun kemampuan mendaki HIJET dapat diandalkan. Semua tanjakan di daerah Puncak Pass dapat di tempuh dengan mudah mengguakan gigi persneling tiga. Gigi dua hanya digunakan jika speed kendaraan terlalu rendah. Dengan kecepatan maksimum gigi dua 70km/jam, andaikan harus digenjot untuk manuver di tanjakan, Daihatsu HIJET masih mampu, dimana Tarikan mesin terasa kuat pada gigi dua, dengan konsekuensi mengorbankan sifat irit mesin Charade.

Akselerasi

Sebelum melakukan uji coba Daihatsu HIJET 1000, di antara test crew ada yang bertaruh bahwa pick-up ini hanya mampu mencapai top speed sekitar 115 km/jam seperti kebanyakan pick-up lain. Ternyata test kemampuan di sirkuit Ancol memberikan data top speed sekitar 130 km/jam. Tester M&M yang didampingi Iwan Suryawan dari Product Development PT. Astra International Inc., tidak dapat memberikan angka pasti, karena speedometer HIJET 1000 hanya mencapai 120 km/jam sedangkan jarum speedometer jauh melampau angka tersebut. Mungkin lebih tepat jika HIJET 1000 ini dilengkapi speedometer sampai meunjukan 140 km/jam minimal.

klik lanjut untuk laporan test Daihatsu Hijet 1000 '84 (Part 4)

2 komentar:

  1. The genuine Daihatsu hijet parts dealers are available throughout the country however these days these parts can be availed online with the trusted dealers to avoid any sort of hassles of going to physical stores. Visit Here More Information !

    BalasHapus